Thursday, July 22, 2010

Perubahan Nilai Kebutuhan Ekonomi

Apakah kita ingat saat masih sekolah SD, SMP, dan SMA dulu? Pada mata pelajaran IPS kita mengenal ada kebutuhan primer, sekunder dan tersier.
Kebutuhan primer saat itu yaitu sandang dan pangan, kebutuhan sekunder adalah  pakaian dll, dan tersier adalah barang-barang mewah.
Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, ada perubahan pada nilai yang terkandung untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Entah karena gaya atau memang untuk mencukupi kebutuhan hidup?
Perubahan nilai ini terjadi di kebutuhan primer dan tersier. Kita tak pernah merasakan bahwa hal ini berubah. Tapi inilah fenomena yang dirasakan di dunia.
Perubahan jaman adalah jawabannya. Kita mengakui hal itu. inilah yang menjadikan perubahan nilai pada tingkat kebutuhan manusia saat ini.
Barang-barang mewah saat ini tidak dianggap mewah, karena setiap manusia mampu menjangkaunya. Terjangkaunya harga barang-barang mewah menjadi hal penting pada faktor perubahan nilai ini. Selain itu memungkinkan adanya dorongan internal supaya bergaya hidup mewah, suatu hal yang manusiawi.
Handphone, komputer, mobil, dan motor adalah beberapa contoh dari barang-barang mewah. Tapi saat ini semuanya bisa dijangkau oleh lapisan masyarakat. Itulah perubahan nilai yang terjadi pada saat ini. Semua benda-benda itu menjadi kebutuhan primer manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.

No comments:

Post a Comment