Tuesday, July 20, 2010

Bergulat Teknologi, Ciptakan Inovasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan dan mengembangkan hasil-hasil penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi sangat dibutuhkan agar inovasi nasional Indonesia lebih kuat.

"Kita perkuat sistem inovasi nasional. Mari kita bangun sinergi. Strateginya adalah dengan membangun kesadaran akan adanya inovasi," ucap Suharna Surapranata, Menteri Riset dan Teknologi Indonesia dalam Iptek Talk yang diadakan di Gedung BPPT, Rabu (14/7/2010).


Menurutnya, untuk membangun dan menciptakan inovasi dibutuhkan kesadaran dari masyarakat dalam mengembangkan dan memanfaatkan hasil-hasil penelitian dan teknologi. Hal ini sekaligus bisa menunjukkan kemampuan dan kemandirian bangsa Indonesia.

Dikatakannya, dalam membangun suatu sistem inovasi nasional, Indonesia mempunyai kendali dan kendala. Strateginya adalah dengan membangun kesadaran dan kebersamaan untuk meningkatkan daya inovasi, terlebih di dalam setiap pribadi masyarakat. Sistem inovasi yang kuat tercipta apabila adanya peningkatan kemampuan dan kemandirian di bidang iptek.

"Kendala yang ada adalah sekat bagi kita. Bagaimana kita membuka sekat tersebut, sehingga tak ada lagi hambatan. Marilah kita membangun kebersamaan," lanjutnya.

Hal ini disampaikan oleh Suharna Surapranata dalam peresmian Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-15, yang mengambil tema Penguatan Sistem Inovasi Nasional.

No comments:

Post a Comment