Wednesday, July 21, 2010

Indonesia, Lord Of The Ring


       Indonesia adalah negara kepulauan. Dimana terbentang pulau-pulau dari ujung timur sampai barat. Dunia Internasional mengenalnya dan iri. Beberapa sudut pandang Indonesia adalah surga dunia karena banyak makhluk hidup yang hidup di Indonesia.
      Namun pada kenyataanya semua itu ada timbal baliknya. Indonesia dikelilingi oleh laut dan gunung-gunung api yang sebagian besar masih aktif. Semua itu adalah jajaran gunung api yang sering membuat bencana. dunia mengenal Ring of Fire.

      Indonesia dikelilingi oleh tiga lempeng dunia.Indonesia juga merupakan jalur The Pasicif Ring of Fire (Cincin Api Pasifik), yang merupakan jalur rangkaian gunung api aktif di dunia. Cincin api Pasifik membentang diantara subduksi maupun pemisahan lempeng Pasifik dengan lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, lempeng Amerika Utara dan lempeng Nazca yang bertabrakan dengan lempeng Amerika Selatan. Ia membentang dari mulai pantai barat Amerika Selatan, berlanjut ke pantai barat Amerika Utara, melingkar ke Kanada, semenanjung Kamsatschka, Jepang, Indonesia, Selandia baru dan kepulauan di Pasifik Selatan. Indonesia memiliki gunung berapi dengan jumlah kurang lebih 240 buah, di mana hampir 70 di antaranya masih aktif. Zone kegempaan dan gunung api aktif Circum Pasifik amat terkenal, karena setiap gempa hebat atau tsunami dahsyat di kawasan itu, dipastikan menelan korban jiwa manusia amat banyak.

1 comment: